Era teknologi 5D

, , 2 comments

Kata '3D' pertama kali saya dengar saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Saat itu film star wars sedang booming (sampe saat ini saya belum pernah menonton serinya dengan lengkap). Tetapi 3D saat itu bukanlah seperti sekarang, 3D nya masih sebatas kacamata yang digunakan untuk melihat gambar2 dari pemeran di star wars menjadi bentuk 3 dimensi. Yah, boleh di bilang saat itu merupakan kacamata aneh bin ajaib la bagi pemikiran seorang anak yang polos (wk wk wk wk). Setelah berpaling dari dunia kekanak-kanakan,
sewaktu kuliah aroma sedap ini muncul kembali dengan wujud yang baru. Kali ini diterapkan pada bioskop-bioskop kesayangan anda. Saya sendiri baru satu kali nonton film 3D di bioskop, tapi kesan nya sungguh luar biasa. Rasanya seperti berdiri di dalam nonton di dalam layar tv (pikiran saya norak juga ya). Sudah sedemikian lama nya saya dengar teknologi 3D, baru 2 bulan yang lalu saya coba. Nah, ketika masih kuliah di Medan saya juga telah mendengar ada nya teknologi 4D. Lantas apa bedanya dengan teknologi 3D?

Yang jelas, kalau teknologi 3D itu hanya memanjakan visual kita saja, teknologi 4D membuat kita semakin terlena dengan efek pada indra peraba kita. Bagaimana tidak, meskipun belum pernah mencoba teknologi ini membuat kita terasa seperti berada di dalam film. Penjelasan kasarnya, klo di dalam film animasi itu pemeran utama nya naik sepeda motor, maka kulit kita akan terasa diterpa angin. Luar biasa bukan?? Yah, menurut saya sih belum seberapa (bukan nya sombong, tapi saya malah memprediksi akan ada teknologi yang lebih canggih lagi).

Seandainya saya mampu, saya akan membuat teknologi 5D dimana penonton akan menjadi pemeran utama. Seluruh gerakan si pemeran utama akan di praktikan langsung oleh penonton selama film berlangsung. ha... Ilusi semata sih, tapi coba bayangkan jika ini betul-betul terjadi, betapa serunya pengalaman menjadi tokoh utama dalam film, merasakan emosional si pemeran utama secara langsung. Tapi untuk sampai kesini dibutuhkan teknologi yang luar biasa canggih. Nah, kita tunggu saja era ini datang....

2 komentar:

  1. Kok abng ga prnah posting software2 jnis yg terbaru bang??

    BalasHapus
  2. lagi blum ada ide don. apa yang muncul ja di kepala sekarang. wkwkwk

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar Anda