iPhone: Suara tidak terdengar lawan bicara, Mic Rusak?

, , 32 comments
Belum seminggu iPhone 5 ini ditangan, saya harus menghadapi kekesalan yang saya temukan saat menggunakan iPhone refurbish ini. Namun bukan berarti membeli iPhone yang sudah di 'rekondisi' ini harus disesali selamanya, karena jika mau membeli barang yang seperti ini haruslah sudah siap menghadapi berbagai kemungkinan cacat produk. Sebagai catatan, iPhone refurbish bukanlah barang Black Market tetapi dapat dikatakan produk cacat yang diperbaiki kembali dan dijual secara resmi. iPhone refurbish sendiri ada yang di jual secara resmi di Apple Store atau distributor lainnya. Perbedaannya, produk yang dijual pada Apple Store sudah dijamin keaslian spare part nya dan memperoleh garansi resmi Apple secara internasional. Namun tidak dengan iPhone refurbish yang hanya mendapatkan garansi distributor. Selain itu, anda dapat menggunakan link https://selfsolve.apple.com/ untuk meyakinkan produk yang anda beli adalah produk Apple yang bergaransi internasional.

Seperti biasa, mencoba semua fitur dan aplikasi tetap harus saya lakukan agar dapat memahami cara kerja iPhone secara keseluruhan. Sistem Operasi yang tadinya IOS 8 langsung saya update ke IOS 9. Awal nya tidak terjadi masalah hingga saya secara intensif melakukan panggilan telepon.


Saya dapat mendengar dengan jelas suara lawan bicara, namun tidak dengan suara saya. Awalnya saya mengira ini masalah jaringan GSM, jadi saya mengganti network ke jaringan 3G kemudian saya melakukan panggilan suara lagi dan suara saya dapat didengar kembali oleh lawan bicara. Keberuntungan ini tidak berlangsung lama sebab ketika melakukan beberapa panggilan telepon berikutnya, lawan bicara hanya mendengarkan gema saat saya berbicara. Saya mencoba menggunakan headset untuk panggilan suara saya dan ternyata dapat didengarkan oleh lawan bicara. Ok, berarti kesimpulan sementara adalah Microphone sedang mengalami kerusakan.

Setelah mencari beberapa referensi dari forum diskusi apple, ternyata kasus ini cukup banyak dipermasalahkan bukan hanya pada iPhone 5 saja tetapi juga ada iPhone jenis lain. Salah seorang dari forum menyatakan bahwa masalah ini kemungkinan terjadi akibat cara kerja antar sensor 'yang tidak saling bekerjasama'.

Untuk diketahui, iPhone 5 sendiri memiliki 7 sensor:
  1. G- Sensor
  2. Proximity Sensor
  3. Light Sensor
  4. E- Compass
  5. Distance Sensor
  6. Gyro Sensor
  7. Pressure Sensor
Jika salah satu sensor ini tidak berfungsi dengan baik, bisa jadi dapat mengganggu aktivitas sensor lainnya. Mungkin cracker (bukan hacker: yaitu orang yang memasuki sebuah sistem dengan tujuan jahat; jangan salah menyebutkan) dapat mengacaukan sistem ini untuk mengganggu pengguna iPhone.

Satu-satunya cara untuk mengetes apakah mic iPhone benar-benar rusak adalah dengan menggunakan fitur voice memos. Dimanakah letak mic iPhone yang berfungsi menangkap suara saat kita melakukan panggilan?

Benar sekali, ada 3 mic pada iPhone dan yang bertugas menangkap suara saat melakukan panggilan adalah Bottom Microphone yang terletak disebelah Headset jack. Mungkin anda mengira ini adalah speaker karena saya awalnya juga terkecoh dengan desainnya. Ketuklah dengan perlahan bottom mic tersebut sambil direkam dengan fitur voice memos. Jika anda mendengar ketukan saat mengulangi rekaman tadi, berarti mic iPhone anda dalam kondisi sangat prima. Jangan berpikir untuk membawa ke toko tempat anda membelinya untuk melakukan klaim garansi, sebab solusi yang mereka berikan mungkin hanya berupa: 'mengganti mic yang baru'. Anda harus bersabar selama 1-2 minggu untuk perbaikan mic (saya tidak akan mau menunggu selama itu).

Berikut analisis sederhana penyebab dari tidak terdengarnya suara saya pada lawan bicara saat menggunakan bottom mic:
  1. Setelah membuka aplikasi compass, sesaat kemudian panggilan telepon yang saya angkat, lawan bicara saya tidak dapat mendengarkan suara saya.
  2. Mengikuti beberapa saran dari forum diskusi apple, saya melakukan reset iPhone secara keseluruhan. Pengaturan ulang ini dapat anda temukan dari menu Settings - General - Reset - Reset All Settings.
  3. Semua kembali normal setelah saya melakukan reset ini. Suara saya dapat kembali lagi di dengar oleh lawan bicara melalui panggilan telepon. Namun rasa penasaran terus membawa saya untuk kembali mencoba semua fitur sampai kejadian dimana suara saya tidak dapat dengar lawan bicara terulang kembali.
  4. Sampai beberapa kali solusi yang saya lakukan adalah melakukan reset penuh iPhone dan masih terus mencoba semua fitur yang mungkin menyebabkan masalah yang sama.
  5. Ketika saya kembali lagi membuka fitur compass, tak lama kemudian saya mendapatkan panggilan telepon dan tebak apa yang berikutnya terjadi. Kesimpulan yang saya ambil pada saat itu adalah kemungkinan aplikasi compass dari IOS ini adalah sumber utama semua permasalahan.
  6. Saya melakukan reset ulang keseluruhan pengaturan iPhone dan tidak pernah lagi membuka aplikasi compass. Tiga minggu berselang, iPhone saya baik-baik saja bila mendapatkan atau melakukan panggilan suara.

Secara teknis, saya tidak dapat mengatakan aplikasi ini adalah penyebab utama sebab iPhone yang saya beli juga adalah sebuah produk refurbish bukan bergaransi Apple Internasional. Yang dapat saya simpulkan adalah ketidaksesuaian antara komunikasi software dan hardware sehingga saat aplikasi compass ini saya jalankan, keseluruhan sensor menjadi aktif. Sensor-sensor yang aktif setelah aplikasi ini dijalankan menjadi tidak dapat bekerja sama. Posisi saat melakukan panggilan, ketinggian, kemiringan atau kondisi lainnya yang memberikan data kepada tiap sensor yang sudah 'tidak lagi sejalan' ini membingungkan sistem operasi dalam memberikan output yang tepat dari input nya yaitu suara yang masuk pada mic bottom saat adanya aktivitas panggilan telepon. Silahkan baca artikel saya terkait bagaiman cara menyembunyikan aplikasi di IOS pada alamat berikut ini: http://www.lapoinfo.web.id/2016/01/cara-menyembunyikan-aplikasi-di-ios.html

Solusi saya ini mungkin tidak berlaku bagi setiap permasalahan yang sama, tetapi anda dapat mencoba nya sebelum mengambil kesimpulan lainnya. Jangan lupa selalu melakukan backup data anda pada iTunes sebab dari semua cara yang saya informasikan tidak menjamin bahwa data yang sudah anda simpan tidak akan hilang setelah dilakukan reset iPhone secara keseluruhan.


32 komentar:

  1. Bro,saya mengalami masalah yg sama dengan iphone saya, tapi saya ikuti cara bro belum ada efek nya sama sekali, apa ada cara lain yang bisa buat iphone yang seperti itu ??? Tolong cepet di komen

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira-kira rusak nya sejak kapan mas? Baru beli atau setelah beberapa bulan pemakaian?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Mungkin sembari menunggu update ios yg sesuai, mas dapat menggunakan headset setiap kali melakukan/menerima panggilan

      Hapus
  3. mas, tolong bantu saya
    iPhone saya tidak bisa nelpon (tidak terdengar suara yang telfon, begitu juga sebaliknya), tapi menelpon dengan whatsapp atau line lancar, suara terdengar, dan lancar, sudah beberapa kartu sim saya coba tetap tidak bisa, kira-kira kenapa ya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara sambil menunggu update ios yang dapat memperbaiki bug ini, mas dapat menggunakan headset untuk menerima/melakukan panggilan. Dan pastikan hanya menggunakan jaringan 3G

      Hapus
    2. iphone saya jg gitu , tlp line whatsapp bisa , tapi kalo lagi telpon tuh lawan bicara gk bisa denger suara saya , gimana jd gan?

      Hapus
  4. Mas sy pake ip 5 ios 9.3.1 masalahnya saat telepon biasa suaranya kresek2 utk penerima dan penelepon. Sy ganti sim tetap seperti itu. Tapi telepon wa, line lancar jaya. Test mic bawah dan belakang dekat kamera jg bagus hasilnya. Mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara yang saya tulis ini mungkin hanya berhasil pada beberapa iphone saja mas. kalau memang harus, sebaiknya diperbaiki saja mas di apple service center

      Hapus
  5. thanks bro. . it works. #5s ios 9.3.1

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas. memang untuk beberapa case cara ini berhasil.

      Hapus
  6. Iya ni punya saya mengalami hal yg sama, tapi belum saya coba reset.. jadi kalau nelpon mesti di loadspeaker atau pakai headset.. tanpa kedua cara itu suara saya tidak terdengar oleh si penerima telpon. Aduh gimana ni kalau harus di service malas, suka terus2 minta di service.. (biasanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini ada seikit sample video mas, kalau memang paham soal keteknisan mungkin dapat dicoba.
      https://m.youtube.com/watch?v=0jhWxYTVxe4

      Hapus
  7. iphone 6 sy jg sama...penelpon mendengar suara kresek2 tidak jelas..yg sy heran..kalo panggilan lewat whassup bisa jelas dan normal seeperti biasa....sudah saya coba reset ulang..belum bisa juga...sekedar share aja..

    BalasHapus
  8. dari keterangan si pembuat video, cardboard itu semacam potongan kertas yang agak keras. mungkin contoh yang dapat saya beri disini seperti potongan kotak korek api, kotak pena, atau kotak-kotak sejenis mas

    BalasHapus
  9. Memang ios 9 yg bermasalah. Saya melakukan panggialan video baik2 saja, tapi panggilan suara mic tidak berfungsi. Merepotkan banget

    BalasHapus
  10. mas , kalo backup data via icloud aman ga? gmn mas cara nya , saya takut coba coba nanti malah hilang semua. tlg bantu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masalah mic yang tidak bekerja, pada akhirnya saya ganti mic dengan yang baru mbak. dan hasilnya 100% bekerja dengan baik. JIka mau backup data via iclud, mbak dapat menggunakan aplikasi itunes nya apple di:
      https://support.apple.com/en-us/HT201352

      Hapus
  11. Klw iphone 5s suara si penerima suaranya kecil itu harus gmna yah, tlong bls scptnya mksih

    BalasHapus
  12. iphone 6+ saya juga sama ..
    penelpon mendengar suara saya jauh dan kadang deket ..
    yang saya heran, kalo panggilan lewat whastsup & line bisa jelas dan normal seperti biasa ..
    tapi belum saya coba untuk reset ulang ..

    BalasHapus
  13. Mengapa iPhone Saya Tidak Bisa di Backup Menggunakan iTunes?
    http://zapplerepair.com/kenapa-iPhone-saya-kok-engga-bisa-backup-di-iTunes.html

    BalasHapus
  14. Iphone saya 6s saat nelpon. Suara lawan bicara tidak jelas dan ketika saya buat video, suaranya kecil. Tp untuk youtube suara bagus jernih. Permasalahannya dimana yah mas ? Mohon bantuan nya... kalau memang harus ganti mic estimasi biaya berapa ? Terimakasih

    BalasHapus
  15. Mas,masalah saya persis seperti njenengan tapi bedanya kalo telpon pake pulsa lalu di speaker bisa,kalo telpon berbasis internet (Line,WA,Skype) pake speaker lawan bicaraa saya tidak bisa mendengar suara saya.Ada solusi ? Tks Mas

    BalasHapus
  16. Saya baru beli hp ip 6s+ terus saya download wa dan pas saya vc temen saya itu suara saya tidak tersengar, gimana ya mas ini masalahnya baru beli

    BalasHapus
  17. Hal yang hampir sama, bedanya ip 6 saya bermasalah hanya saat melakukan video call lewat whatsapp, sipenerima tidak bisa mendengar suara saya kecuali kl saya pake haadset. Dan hanya masalah di video call whatsapp doang. Apakah ada solusinya mas? Tolong infonya

    BalasHapus
  18. Microphone mati memang membuat jengkel. Apalagi disaat masih baru.
    Kunjungi sinyaliti.com untuk lebih mengetahui tentang iphone Anda

    BalasHapus
  19. Microphone iPhone Anda bermasalah ? memang sngat mengganggu sekali.
    Anda bisa kunjungi sinyaliti.com untuk masalah iPhone Anda

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar Anda