Cara Install Aplikasi pada IOS 10 tanpa harus mendownload lewat App Store iPhone atau iPad

, , 1 comment

Apa yang membingungkan di Sistem Operasi IOS 10 dan update iTunes terbaru? Mungkin saya agak ketinggalan informasi karena ternyata iTunes tidak lagi dapat melakukan sinkronisasi aplikasi ter update dari iPhone maupun iPad ke PC. Lantas apa yang harus dilakukan jika ingin melakukan backup aplikasi yang sudah dipasang maupun yang sudah diperbaharui pada perangkat iPhone/iPad ke iTunes yang ada di PC jika sewaktu-waktu ingin membeli perangkat IOS baru atau hendak melakukan service dan memasangnya kembali ke perangkat tersebut?


Solusi nya adalah dengan melakukan update/install aplikasi-aplikasi tersebut pada iTunes di PC anda. Sesuai judul tulisan ini, saya akan berbagi cara bagaimana memasang aplikasi pada IOS tanpa harus melakukan download  dari Apps Store di tiap-tiap perangkat iPhone maupun iPad. Step by Step nya sebagai berikut:
  • Pilih aplikasi yang hendak diperbaharui/dipasang. Buka iTunes terlebih dahulu.


  • Yang kedua, pastikan aplikasi yang hendak di download mendukung untuk di pasang pada perangkat iPhone, iPad ataupun kedua nya. Akan lebih mudah jika aplikasi mendukung keduanya, karena kita tidak perlu mengulangi kegiatan ini 2 kali.

  •  klik download kemudian proses unduh akan muncul di sisi kanan atas iTunes. Tunggu hingga proses selesai.

  •  Sekarang kita masuk pada bagian dimana aplikasi yang sudah kita unduh tadi kita install pada iPhone dan iPad. aplikasi tadi jika sudah selesai akan muncul pada alamat berikut:

  • Sebuah file yang ditunjukkan pada gambar di atas (Asphalt8 2.6.0.ipa) adalah salah satu aplikasi dengan Jenis File IOS App yang executable alias dapat diinstal pada perangkat IOS manapun yang mendukung seperti iPhone/iPad. Di daerah ini lah tempat kita bermain.
  • Jika ingin memasang aplikasi ini pada iPhone/iPad kita dari komputer yang berbeda, silahkan memindahkan file.ipa tersebut ke komputer target yang sudah memiliki iTunes di lokasi yang sama seperti gambar di atas.

  • Selanjutnya bukalah iTunes di komputer target tersebut, koneksikan kabel lightning dari  iPhone/iPad anda ke PC, iTunes akan terbuka dan melakukan sinkronisasi beberapa saat. Registrasikan terlebih dahulu aplikasi IOS yang hendak di pasang tadi pada Library iTunes anda dengan memilih menu file > Add File to Library > dan pilih lah file.ipa tadi. 


  • Kemudian masuk ke bagian list Apps di menu iPhone/iPad anda di dalam iTunes seperti gambar berikut:

  •  Aplikasi yang hendak di pasang pada perangkat IOS anda akan muncul dengan tombol "Install" pada sebelah kanan nya. Pilih tombol tersebut kemudian eksekusi dengan menekan tombol done di bagian bawah jendela iTunes. Akan ada konfirmasi untuk memastikan bahwa anda setuju untuk melakukan sinkronisasi data ke perangkat iPhone/iPad anda, pilih tombol apply jika yakin ingin memasang aplikasi tersebut.
Cara tersebut saya temukan dan sudah berhasil saya aplikasikan sendiri. Aplikasi yang hendak saya pasang baik pada iPad maupun iPhone cukup di download pada 1 PC, kemudian memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat dipasang atau pun hanya mendukung salah satu perangkat saya. Lalu memindahkan aplikasi yang tadinya di download lewat iTunes tadi ke PC pribadi saya. Setelah itu, tinggal saya install pada masing-masing perangkat tanpa harus mengunduhnya pada App Store di IOS.

Cara ini mirip dengan pemasangan aplikasi android yang bertipe file.apk. Perbedaan nya adalah pada Android, file dapat langsung dipasang dengan mengeksekusinya langsung pada perangkat Android  sedangkan instalasi file.ipa ini harus melalui media iTunes di PC.

Semoga bermanfaat.
Salam

Freddy Santoso

1 komentar:

Silahkan Isi Komentar Anda