Persiapan Pengembangan Aplikasi Android di Ubuntu

, , 2 comments
Setelah pusing cari sana cari sini, ditambah lagi koneksi internet yang lemot (maklum pake internet murahan) yang buat semakin penasaran belajar android programming, akhirnya ketemu juga editor mainan baru ini.
Ada 4 hal utama yang harus kita lakukan untuk memulai belajar pengembangan android ini:
  1. install jdk
  2. install editor nya (dalam hal ini saya pakai eclipse)
  3. install developer tools
  4. install SDK dan AVD
Langkah pertama menginstall JDK (Java Development Kit) lewat Synaptic package manager dari menu system>administration. Lalu download SDK versi terakhir dari android di http://developer.android.com/sdk/index.html. Untuk saat ini versi terbaru yaitu Android 3.0 dengan nama Honeycomb. Setelah itu unpack dan simpan di folder mana saja yang disukai.
Berikutnya tahap kedua menginstall eclipse di linux tercinta. Bisa dari menu Ubuntu Software Center atau dari command sudo apt-get install eclipse. Pengalaman saya lebih bagus install lewat terminal. Alasan nya eclipse yang terpasang nanti lebih update.
Tahap ketiga adalah tahap dimana kita menginstall Android development tools. Dari tahap ini lah menu untuk memulai proyek android ditambahkan ke eclipse. Dari menu Help di eclipse pilih Install new Software. Di kolom work with tambahkan site berikut:http://download.eclipse.org/releases/galileo/ , klik next cari WST lalu install WST Server Adapters. Setelah selesai, ulangi sekali lagi dari menu Help>install new software dan tambahkan site http://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ dan install Android development tools.



Langkah terakhir yang sungguh mendebarkan bagi saya adalah ketika berhasil menginstall SDK dan AVD di eclipse. Untuk sekdar info AVD adalah Android Virtual Device, semacam emulator untuk menjalankan android pada PC. Untuk SDK dengan cara pilih menu Window>preferences, pilih menu android dan tentukan lokasi SDK yang telah kita unpack sebelumnya. Langkah yang paling terakhir adalah menentukan versi android mana yang ingin kita kembangkan. Dari terminal masuk ke dalam direktori tools yang ada pada folder SDK yang telah kita unpack tadi, lalu jalankan perintah Android. Masuklah ke menu Available Packages untuk memilih versi android yang ingin di kembangkan, lalu install.

Jika sudah selesai semua proses di atas, anda dapat memulai proyek android anda. Untuk menjalankan emulator nya, silahkan pilih menu Window eclipse, klik Android SDK and AVD Manager. Pilihlah emulator yang hendak anda pakai. Berikut tampilan emulator android yang saya miliki:



Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat..

2 komentar:

  1. Apa kelebihan android dengan SO yg laenny bng???

    BalasHapus
  2. Kalo menurut ku sih lebih enak belajarnya karena uda ada basic Java programming. Tapi disamping itu yang buat aku tertarik android termasuk Open Source, jadi beda dengan java yang ga bisa memanfaatkan seluruh fasilitas hp, android bisa mengontrol seluruh fasilitas hp.

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar Anda