Pakaian-pakaian Austronot NASA

, , No Comments
Sejak di dimulainya perlombaan antariksa antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, kedua negara telah menghabiskan dana yang besar untuk bereksplorasi ke luar angkasa. Dimulai dari uji coba pengiriman hewan ke luar angkasa, hingga ke bulan. Nah, untuk manusia sendiri, dibutuhkan tingkat safety yang sangat tinggi terhadap keadaan pada gravitasi nol diruang angkasa dan juga radiasi dari matahari serta suhu yang ekstrim. Untuk itu, perlu di desain pakaian khusus untuk para Austronot. NASA sendiri telah memiliki
berbagai macam pakaian untuk Austonot mereka yang telah dikembangkan dari periode ke periode untuk kepentingan misi ruang angkasa dan meningkatkan safety bagai Austronot. Berikut ini adalah pakaian yang telah digunakan sejak awal misi ruang angkasa manusia hingga sekarang:



Mercury IVA


Mercury IVA adalah pakaian Austronot NASA yang pertama. Pakaian ini digunakan untuk menjalankan misi ruang angkasa tahun 1959-1963. Pakaian ini dipakai John Glenn sebagai Austronot AS yang pertama kali mengorbir bumi pada tanggal 20 Februari 1962.



GEMINI G4C


Pakaian Austronot ini di disain agar sesuai pada kondisi di luar dan di dalam kapsul ulang-alik. Pakaian in idi gunakan selama misi GEMINI pada tahun 1962-1966. Untuk pertama kalinya, Ed White Austronot yang memakai baju ini mempertunjukkan cara berjalan di ruang hampa pada tanggal 3 juni 1963.


APOLLO A7L


Neil Amstrong beserta rekannya yang pertama kali mengunjungi dan memijakkan kaki ke bulan menggunakan pakaian Austronot ini. Pakaian ini di desain agar para austronot dapat berjalan di bulan disamping dari safety yang disediakan.


Advanced Crew Escape Suit (ACES)


Ide dari pembuatan pakaian ini berdasarkan high-attitude aircraft pressure suit milik angkatan udara Amerika Serikat. Sebagaimana idenya, pakaian ini di lengkapi dengan berbagai macam peralatan safety seperti parasut dan yang dibuthkan austronot dalam keadaan darurat di luar angkasa. Pakaian ini juga digunakan oleh austronot penyelamat di luar angkasa sejak tahun 1990.


EXTRAVEHICULAR MOBILITY UNIT


MARK III
MARK III dirancang sebagai pakaian austronot masa depan agar dapat melakukan eksplorasi di planet-planet lain.

gambar: www.nasa.gov

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda