Menggunakan Handphone ZTE C261 / Modem USB Sebagai Modem di Ubuntu 10.04

, , 2 comments
Pada dasarnya, menggunakan handphone/modem USB jenis apapun di Ubuntu tidaklah terlalu sulit melakukan instalasi nya. Langkah pertama yang harus di lakukan ialah mendeteksi keberadaan handphone/modem usb yang telah terhubung ke komputer atau laptop kita.

Untuk mendeteksi nya, buka terminal lalu ketikkan perintah berikut

lsusb

Selanjutnya, muncul daftar Bus pada terminal seperti gambar berikut:




















Jika kita liat pada bagian Bus 003 Device 002 tertulis ID 05c6:9004 Qualcom, Inc.
Nah, tulisan itu menunjukkan serentetan kode tentang informasi produk dan vendor dari handphone/modem yang dalam kasus ini ZTE C261 milik saya sendiri. Agar ZTE saya dapat di baca linux maka saya mengetikkan perintah berikut:

sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004

jika dilihat, dapat kita simpulkan bahwa serentetan kode tadi memang menggambarkan kode produk dan vendor dari ZTE c261 yang saya miliki. Jika ini berhasil, kita tinggal melakukan pengaturan pada koneksi ke jaringan saja. Jika anda gagal, coba periksa kembali ketepatan kode vendor dan product nya. Jika masih saja salah, silahkan upgrade kernel ubuntu anda versi stable 2.6.30.

Untuk jaringan, dapat kita peroleh pengaturannya dari Network Manger Applet. Biasanya terletak pada panel bagian atas dengan gambar icon wireless. Nah, dari icon silahkan klik kanan kemudian pilih edit connection. Dari window yang muncul pilih tab Mobile Broadband, kemudian pilih tombol Add. Ini adalah jendela yang muncul:


















Dari jendela seperti yang tampak pada gambar di atas, handphone ZTE c261 saya telah terdeteksi. Ini ditandai dengan Combo Box yang terisikan pilihan Smart Smart CDMA Technologies MSM. Kemudian klik tombol Forward, Pilih Negara Indonesia, Klik Forward lagi, nah karena provider tidak bisa ditemukan, silahkan anda pilih pilihan yang dibawah, dengan mengisikan kata smart.


















Klik lagi tombol forward, kemudian klik tombol Apply. Nah, modem/Handphone siap digunakan. caranya klik icon Network Manager Applet tadi, lalu pilih smart.
Sebelumnya ada 2 hal yang harus dilakukan jika kita menggunakan ZTE C261 sebagai modem:
yang pertama jika kita memutus koneksi internet, kita harus merestart ulang kembali handphone jika ingin menggunakan nya kembali sebagai modem.
yang kedua, setiap kali kita menyalakan komputer dan ingin menggunakan kembali modem/Handphone smart, kita harus mendeteksi ulang handphone/modem dengan perintah:
sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004

OK, sekian lah sharingnya...

2 komentar:

  1. kebetulan ane lagi nyari cara instal modem smart c261 yang paling enjoy...
    coba ah....siapa tau berhasil

    trm ksh

    BalasHapus

Silahkan Isi Komentar Anda