Cara Mudah Belajar Linux Ubuntu

, , 8 comments
Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Sistem Operasi Windows akan sangat sukar untuk beralih ke Sistem operasi lain semisal Linux. Bahkan beberapa dari teman saya sendiri yang saya tawarkan untuk mencoba menggunakan Linux, malah menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Dapatkah semua aplikasi berjalan di OS Linux?
  2. Susah ga make nya?
  3. Sistem Operasi apa lagi itu?
Paling ga salah satu dari 3 pertanyaan itu
selalu muncul. Yah, begitulah... Saya malah berpikir, kenapa tidak dicoba dulu saja biar terjawab pertanyaan2 itu. ha... Tapi ya sudahlah, kan orang2 harus tau dulu kelebihan dan kekurangan suatu produk, baru mau memakainya.

Ok, disini saya akan menjelaskan sedikit tentang interface linux ubuntu. Supaya lebih mudah, saya akan membandingkannya dengan interface pada windows. Tapi, gambar yang akan saya tampilkan hanya interface linux, sementara windows saya anggap kita semua uda pada terbiasa pada interface nya.

Nah, biasanya pada windows kita mengenal yang namanya windows explorer. Atau kita dapat membukanya dengan mengklik icon my computer. Nah, Linux Ubuntu juga memiliki explorer yang hampir mirip seperti di Windows. Lihat deh tampilan berikut:

Nah, itu lah gambar explorer nya di Linux. Nama nya di sebut file browser. Panel yang ada disebelah kiri menunjukkan file-file yang bisa kita klik. sementara di sebelah kanan adalah file-file yang ditampilkan dalam bentuk icon. Oh ya, dalam linux tidak dikenal istilah folder dan drive. Semua nya berupa file. Kalau pada windows, sistem operasi tertanam pada drive C, nah kalo pada Linux sistem operasi berada pada file system. Lihat pada panel sebelah kiri gambar diatas. Kelihatan kan file system nya?

Nah, jika pada windows bisa terdapat lebih dari satu partisi drive, nah kalo pada Linux juga bisa tuh. Tetapi tetap saja nama partisi nya bukan drive D,E, atau urutan abjad tetapi tetap file. Trus Kalau Menu start nya mana???

Wadow, di Linux ga dikenal yang namanya menu start. Tetapi terdapat sebuah panel yang bisa menampung aplikasi, dan menu system. Nih lihat gambarnya:


Liat tuh gambar di atas. Di sudut kiri nya ada menu application, Places dan System. Nah, itu pengganti menu start yang ada di Windows. Nah, dari menu-menu itu sudah cukup banyak disediakan aplikasi seperti games, open office(microsoft office di linux), GIMP (Photoshop nya Linux), Mozilla firefox dan masih banyak lagi. Klo masih kurang tinggal cari ja di internet aplikasi yang dibutuhkan n tinggal download. Untuk jalankan aplikasi windows OS gimana??
Hebatnya Linux, ada sebuah aplikasi yang bernama Wine yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berkestensi *.exe. Bisa ga windows jalankan aplikasi linux??
Ha.. Justru Windows ga bisa tuh. Keren kan Linux??

Di Linux juga ga pernah terjadi Hang seperti di Windows. Biasanya tuh, klo Windows OS hang, kita selalu memaksa OS memberhentikan program yang lagi hang dengan bantuan Task Manager. Klo di Linux ga da la cerita yang begituan. Trus, bagaimana dengan permainan nya. Jelas bisa donk games2 di Windows OS berjalan di Linux. Kan Linux punya aplikasi wine. Ga kalah kan dari Windows??

Memutar DVD atau CD gmn?? Bisa..... Pakai Movie Player (Windows Media Player nya Linux)... Ni gambar aplikasinya:


Mau mutar MP3 juga bisa dari Movie Player ini. Tapi sih lebih bagus dari Rhythmbox Music Player. Keduanya dapat ditemukan pada menu application.

Yah, cukup deh sampai disini. Selebihnya silahkan bereksplorasi sendiri. Pesan dari saya sih, jangan pernah takut sebelum mencoba karena kalau dicoba ya bakal ga pernah tau. ha...

8 komentar:

  1. wah..
    keren...
    saya pingin belajar linux tapi tutor yang bermutu bahasanya inggris..
    saya gendala bahasa gan..
    bisa tolong bantu??

    BalasHapus
  2. Nyari aplikasi wine nya dari menu yg mana it bng,,,
    jadi pengen jg q blajar linux ne ah,,,
    kyakny mnarik jg bng,,,
    heheheh

    BalasHapus
  3. coba command
    sudo apt-get install wine di terminal

    BalasHapus
  4. gan dimana cari terminalnya di ubuntu aku ga ada?
    soalnya ane baru pemula gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya terminal di ubuntu ada di panel "Applications" gan. Panel "Application" itu yang ada logo ubuntu, letaknya di sudut kiri atas layar. Nah, coba liat submenu nya, pasti kliatan yang namanya GNOME Terminal / Terminal

      Hapus
  5. cara meginstal aplikasi di linux bagai mana carax mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak cara mas bro. tergantung package nya apa. kalau mau gampang cari aplikasi yang jenisnya debian (.deb), cara install nya cukup gampang

      Hapus

Silahkan Isi Komentar Anda