Xsplash dan Usplash di Ubuntu

, , No Comments


Ketika pertama kali muncul ide untuk mengganti boot screen pada linux ubuntu 9.10, saya merasa kebingungan kata kunci yang cocok untuk mencari cara menggantinya pada search engine. Tetapi akhirnya saya menemukan 2 kata kunci yang berhubungan dengan boot screen: Xsplash dan Usplash. Awalnya saya bingung, apa perbedaan antara kedua aplikasi ini. Setelah saya ngoprek-ngoprek dengan mengganti Xsplash dan Usplash pada ubuntu saya, dapatlah saya membedakan nya. Xsplash
digunakan ketika saat pertama kali ubuntu dijalankan. Dengan kata lain, Xsplash adalah boot screen linux. Sedangkan Usplash ditampilkan saat setelah kita menekan tombol restart atau shutdown. Kedua screen baik Usplash maupun Xsplash bisa diganti sesuai dengan selera kita. Dari yang saya alami, mengganti Xsplash lebih mudah ketimbang Usplash. Kita tinggal menyiapkan gambar dengan ukuran 2560x1600 pixels, kemudian mengganti gambar yang terletak di /usr/share/images/xsplash/bg_2560x1600.jpg dengan gambar yang kita inginkan (nama gambar harus sama seperti nama defaultnya). Nah, setelah itu kita dapat mengetest apakah kita berhasil menukar Xsplash dengan cara mengetik perintah sudo xsplash. Untuk mengganti Usplash, saya akan bahas pada posting berikutnya.

Selamat Mencoba :)

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda