5 Bahasa Pemrograman dan Script Terbaik Tahun 2013

, , No Comments
Iseng-iseng mencari bahasa pemrogram yang terbaik sepanjang tahun 2013, akhirnya saya memilih 2 site ini sebagai referensi konten blog ini. Adalah tiobe, sebuah website komunitas programming yang melakukan rating berdasarkan skill programmer. Sedangkan jobstractor membagi bahasa pemrograman berdasarkan kategori lowongan pekerjaan yang paling banyak di cari selama 1 bulan penuh.

Dari 2 sumber ini, saya memutuskan bahasa pemrograman terbaik yang saya simpulkan sendiri:
Java dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang paling diminati. Yang menyebabkan bahasa pemrograman ini menjadi popular adalah sifatnya yang independen di berbagai sistem operasi. Bahasa pemrograman JAVA yang di kembangkan oleh SUN Microsystem ini dapat berjalan pada sistem operasi windows, linux, MAC, dan sebagainya yang sudah didukung oleh JDK dan JRE.


PHP yang merupakan bahasa script menempati urutan kedua pada jobstractor. Script ini banyak digunakan dalam pengembangan online web dan mudah dipelajari. Beberapa web framework terkenal dikembangkan dengan script ini seperti Zend, Yii dan Code Igniter






Di urutan ke tiga terdapat ANDROID dan Objective-C. Bagi yang belum mengenal bahasa pemrograman OBJECTIVE-C, adalah bahasa yang digunakan dalam pengembangan aplikasi di IPHONE. Meskipun dari situs jobstractor ANDROID masih menempati posisi di bawah objective-C, dilihat dari kepopuleran android dan iphone, maka saya meletakkan kedua bahasa  ini di urutan ke tiga sebagai bahasa pemorgraman terbaik tahun 2013.



Makanan tidak akan lengkap rasanya tanpa ada bumbu, sama halnya dengan website. Dengan popularitas PHP sebagai side-server script, tetapi tanpa adanya user interface yang menarik dari laman, maka tidak akan menarik dikunjungi. Di sinilah peran javascript sebagai bumbu penyedap. Beberapa User interface Framework yang interaktif di bangun dengan basis Javascript antara lain: JQUery, Coffeescript, angularjs dan masih banyak lagi.


Ini dia, nenek moyang bahasa pemrograman C++, C#, Objective-C, JAVA, Android, PHP script, Javascript, dan bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya. Meskipun masih merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah, berbagai bahasa pemrograman popular saat ini mengadopsi model Bahasa C dan merupakan bahasa yang patut di pelajari pertama kali sebelum memasuki bahasa-bahasa lain nya. Tidak popular, tetapi sangat powerfull digunakan untuk keamanan data. Programmer C banyak dicari oleh perusahaan2 yang membutuhkan tingkat keamanan data yang sangat tinggi semisal Bank. Dan soal gaji nya silahkan search aja di om google saya belum nemu (LoL). Pastinya mahal gan, bayaran nya per jam kalau kita professional di bahasa C.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda