Mengubah Alamat Blog Menjadi Sebuah Domain Pilihan

, , No Comments

Kurang dari 24  jam yang lalu, saya telah berhasil mengubah alamat blog menjadi sebuah domain yang saya dapatkan dari sebuah layanan penyedia Domain Name System (DNS) dan File Hosting. Seperti yang kita lihat, domain yang saya gunakan 'berinisial' web.id dan untuk membuktikan bahwa ini adalah sebuah blog,
perhatikan tanda elips yang sudah saya berikan pada gambar diatas, tanda elips sudut kiri atas adalah icon blogger sedangkan tanda elips lainnya menunjukkan url domain.

Langkah Pertama
Dapatkan sebuah domain untuk dijadikan DNS anda. Saat ini sudah banyak layanan yang menawarkan biaya murah untuk sebuah DNS. Bahkan saat saya diberikan beberapa pilihan domain, harga termurah yang ditawarkan hanya Rp. 35.000/tahun. Untuk pilihan domain web.id yang saya gunakan adalah Rp. 55.000/tahun. Ini bukan lah promosi, tetapi sebagai sebuah sharing saja yang mungkin dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pemilihan domain. Lalu dimana membeli domainnya? Silahkan tanya ke mbah Google, karena lagi-lagi saya bukan pihak marketing dari layanan penyedia jasa ini. Tapi jika ada yang masih ingin tetap bertanya, jawaban saya yaitu Rumah web. Bukan sebuah saran, melainkan lebih karena saya menggunakan layanan ini sebagai penyedia DNS dan keterbatasan informasi yang saya ketahui tentang penyedia lainnya. Silahkan googling kata kunci tersebut, tentukan domain yang hendak digunakan, ikuti petunjuk dan lengkapi persyaratan administrasi yang diminta. Notifikasi tentang status, proses dan aktivasi akan dikirimkan ke alamat email yang anda daftarkan saat pemesanan domain tadi. Setelah domain aktif, selanjutnya?

Langkah Kedua
Jika domain telah aktif berdasarkan informasi dari email notifikasi yang anda peroleh, silahkan masuk ke bagian control panel DNS anda tadi yang saya beri catatan bahwa jangan tanya kepada saya dimana control panel itu berada sebab masing-masing layanan punya 'gaya' tersendiri. Namun kata kunci nya tetap sama yaitu anda harus mengisi yang namanya CNAME dan A-Records. Cara mengisikannya sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan oleh google, yang isian masing-masing nya dapat anda sesuaikan seperti data pada gambar berikut:

CNAME www mengarah kepada ghs.google.com sedangkan A-Record diatas anda isikan masing-masing dengan IP berikut yang mengarah kepada google:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21


Langkah Ketiga
Pada langkah ini, mungkin setelah anda mengisikan CNAME dan A-Records, sistem pada layanan  tadi akan meminta pembaharuan DNS berupa notifikasi untuk update data. Ikuti saja.
Masuk ke akun blogger anda, lalu pilih tab setelan/setting kemudian dibagian publikasi/publishing silahkan anda edit, lalu masukkan alamat domain yang sudah anda pesan tadi. Jangan khawatir apabila setelah domain anda masukan dan kemudian sesaat setelah disimpan, muncul notifikasi yang memberitahukan bahwa DNS anda tidak dikenali atau error. Selama anda telah mendaftarkan CNAME dan A-Records sesuai dengan petunjuk sebelumnya dengan benar maka yang harus anda lakukan adalah menunggu paling lama sekitar 1 jam sesuai dengan petunjuk yang saya peroleh dari google.


Terakhir
Akhirnya setelah mengenali DNS tadi, saya mempublikasikannya dan mencoba mengetikkan alamat tersebut pada browser. Dan yang terjadi adalah...

Server Not Found 404

Awalnya saya mengira mungkin butuh proses bagi blogger untuk membuat tautan dari konten yang ada pada akun blogger saya ke alamat domain www.lapoinfo.web.id dan ternyata dugaan saya benar. Kurang dari 15 menit, saya sudah dapat menggunakan DNS tersebut dan isinya adalah postingan-postingan blog yang saya miliki. Tetapi jika lebih dari 15 menit DNS anda masih belum juga menampilkan konten blog, bersabarlah paling tidak maksimal 2x24 jam.

Akhir kata, artikel ini hanya sebuah pengalaman yang ingin saya bagikan kepada para pembaca yang mungkin dapat digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Pemilihan layanan penyedia domain tidak terikat pada satu layanan, tetapi banyak situs-situs yang menawarkan jasa yang sama bahkan ada yang menawarkan secara gratis.

Semoga Semua Makhluk Berbahagia..
Salam..

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda