Format Media 'WebM'. Format Macam apa ini???

, , 15 comments
Mungkin posting ini agak sedikit telat, tapi lebih baik saya buat aja biar saya dan pembaca juga mengenal apa itu 'WebM'.
Dari informasi yang saya dapatkan di situs yang mengembangkan nya, WebM adalah sebuah format file media yang sifatnya open, free-royalty dan tentu saja di desain untuk teknologi web. Media nya terdiri atas audio dan video.

Untuk Video nya sendiri
sudah menggunakan VP8 codec yang menurut pihak Google termasuk dalam kategori highest quality real-time delivery dan audio stream Vorbis codec yang setara dengan kualitas suara MPEG-4. Nah, mungkin saja google tidak akan memakai media flash player sebagai pemutar video di Youtube di masa mendatang. Karena berdasarkan berita yang pernah saya baca mantan CEO Apple, Inc Steve Jobs tidak mau menanamkan flash player pada IPhone dengan alasan media player ini menguras banyak energi baterai. Yah, jelas saja ini bertentangan dengan slogan 'Hemat Listrik'. Wakakakakaka.... (Save Our Planet by Reduce your Electric Power Consumption)

Kembali ke topik, dengan adanya format media WebM ini, kita tidak perlu lagi memasang plugin seperti flash player plugin pada web Browser kita, tapi cukup dengan menggunakan web Browser yang mendukung format media ini. (Sepertinya Google memang sangat berambisi menguasai dunia web, hingga apapun aplikasi yang ada saat ini ingin di ubah dalam bentuk web dan web, ckckckck,,,,,,) Kabarnya juga, format media WebM ini mampu mendukung 3D Vision yang di dukung oleh NVIDIA 3D Vision. Wah wah wah.... Hebat ya.... Ingin mencoba format media ini, silahkan download video di Youtube. Kalau saya sih download nya lewat situs resmi http://www.keepvid.com. Ingat, setelah di download, video nya dapat langsung di putar di web Browser yang mendukung format media ini ya.

Untuk info lebih lengkap silahkan lihat dari situs resminy di sini

15 komentar:

  1. Ukurannya lebih besar/kecil dari FLV? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ukuran file tidak beda jauh dari FLV. Tergantung dari resolusi video FLV mana yang mas pilih.

      Hapus
    2. bagusan mana qualitas antara MP4 dengan WebM?

      Hapus
  2. klo ngg trsambung ke internet apa bisa buka video yg pake format WEBM??
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow tentu mas, saat ini baik firefox maupun google chrome dapat menjalankan format WEBM secara offline. Juga beberapa video player telah memiliki fitur untuk memutar format video ini.

      Hapus
  3. bagaimana kalau mau mengkonvert ny dari WebM ke FLV?

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda bisa mencoba link berikut http://www.any-video-converter.com/free-webm-converter.php

      Hapus
  4. saya sudah coba download musik di youtube dengan format webm lalu diputar dengan media player berbasis android bisa kok. kualitas ga a beda dengan format lain, tergantung pilihan resolusi pada saat download via tubex android. untuk size sama saja.

    BalasHapus
  5. terimakasih, sangat membantu...

    BalasHapus
  6. kok loud speaker berdenging saat saya memutar video format webm menggunakan MX player begitu jg pd player bawaan dari sony xperia, movie player?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat artikel ini ditulis, format WebM hanya berjalan pada browser. Jadi sebaiknya putarlah video tersebut menggunakan browser anda. Atau mungkin dapat mencoba aplikasi VLC. Terima kasih

      Hapus
  7. kalo download video di youtube, kan ada berbagai pilihan format.
    format video WebM 360p sama gk dg format video MP4 360p ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya mas, untuk dapat membandingkan kualitas kejernihan video dan suara sebaiknya kita mencoba keduanya dengan layar resolusi tinggi dan speaker yang paling tidak mendukung teknologi Dolby. Mudah2an saran ini membantu mas.

      Hapus

Silahkan Isi Komentar Anda