Pengertian Rooting dan Manfaatnya Pada Instalasi Software di Android

, , 3 comments
Beberapa waktu lalu, saya ingin memasang aplikasi ScreenShot dari Android Market pada Smartphone (SAMSUNG GALAXY MINI) saya. Tapi apa yang terjadi? Aplikasi itu tidak dapat dipasang dengan alasan aplikasi ini harus memiliki izin dari Super User.

Jika anda adalah pengguna sistem operasi Windows, pasti tidak asing lagi bagi anda mendengar kata Administrator. Kebanyakan dari pengguna Windows OS yang saya jumpai selalu login sebagai Administrator termasuk saya sendiri, ha... ha...
Dengan login sebagai Administrator banyak manfaat yang dapat kita peroleh, kita bisa melakukan instalasi semua software dengan mudah jika dibandingkan dengan non-Administrator yang butuh izin dan bahkan tidak dapat mengakses aplikasi yang tidak di izinkan Admin. Saya tidak membahas apa Administrator di Windows OS, karena saya menganggap anda telah sangat paham Sistem di Windows OS.

Sistem operasi Android dan GNU/Linux, juga memiliki Administrator yang disebut dengan root. Root ini sering dikenal sebagai Super User (disingkat su) yang memiliki hak akses paling tinggi pada Android dan GNU/Linux. Pada Windows OS, root ini dapat kita samakan dengan Administrator. Secara default, jika saya login ke GNU/Linux OS tidak sebagai root tetapi sebagai user biasa. Ini berguna agar tindakan-tindakan berbahaya yang sengaja dilakukan ataupun tidak sengaja oleh saya sendiri atau oleh pihak lain untuk merusak sistem dapat dihindari karena root memiliki hak akses untuk menjalankan, menghapus, mengubah dan merusak file yang ada di Linux dengan memanfaatkan hak nya sebagai super user.

Berbeda dengan GNU/Linux OS, Android OS tidak menyediakan hak sebagai super user yang ditanamkan pada tiap vendor smartphone nya (sepengetahuan saya).  Dari penjelasan sebelumnya kita sudah tentu tau apa alasannya. Namun jika kita ingin memasang aplikasi yang kita butuhkan di Android tetapi membutuhkan hak super user bagaimana solusinya?

Ternyata ada software yang dapat kita gunakan untuk menanamkan aplikasi super user pada smartphone kita. Namanya adalah SuperOneClick. Jelas saja ini bukan di pasang di Smartphone karena aplikasi ini adalah jenis file exe (program executable yang jalan di Windows OS). Lha???

Jangan bingung dulu, ini baru permulaan. SuperOneClick ini kita manfaatkan untuk proses rooting pada Android OS. Rooting adalah sebuah proses dimana Android OS diberikan hak akses sebagai super user. Caranya??? Mudah saja.....
  1. Unduh aplikasi SuperOneClick. Anda bisa cari di Google. 
  2. Karena saya membahas tentang SAMSUNG, maka saya pasang aplikasi Kies yang saya temukan pada CD yang ada di kotak Smartphone saya.
  3. Cari kabel data untuk SAMSUNG ke PC. Bisa anda cari di toko, atau terserah anda mau cari dimana. 
Setelah tahap di atas, berikut nya kita mulai proses rooting nya. Pasang kabel data yang sudah anda temukan sebagai koneksi antara PC dan Smartphone. Lalu jalankan aplikasi Kies yang ada pada PC anda. Berikut ini tampilan aplikasi Kies pada PC saya:




Setelah terhubung, pastikan anda memilih opsi USB debugging connected dari menu notifikasi Android, lalu centang opsi USB debugging. Lebih jelas nya, perhatikan gambar berikut:

 Nah, sekarang anda sudah bisa menjalankan aplikasi SuperOneClick. Tampilan aplikasi nya seperti berikut:


Untuk mendapatkan hak super user di Android OS, kita tinggal klik tombol Root yang ada pada aplikasi SuperOneClick. Anda tinggal ikuti petunjuk yang ada, jika selesai anda telah berhasil melakukan rooting pada Android OS anda. Keberhasilan ini ditunjukkan dengan ada sebuah aplikasi yang bernama Super User di menu Android OS anda seperti ditampilkan di gambar berikut:


Tidak usah ambil pusing dengan aplikasi tersebut, yang jelas kita sudah dapat memasang aplikasi yang membutuhkan hak super user di Android OS. Nah, karena saya pada awalnya memiliki masalah saat memasang aplikasi ScreenShot, akhirnya dengan proses rooting ini masalah teratasi. Nah, catatan tambahan untuk setiap pemasangan dan penggunaan aplikasi yang membutuhkan hak super user, kita akan dikonfirmasi apakah kita akan memberikan sebuah aplikasi untuk memakai hak ini. Kita akan disuguhkan dengan tampilan konfirmasi sebagai berikut:



Anda tinggal memilih tombol Allow untuk mengizinkan hak super user digunakan oleh aplikasi yang kita gunakan. Oh iya, kita juga harus berhati-hati menggunakan hak ini. Bisa saja aplikasi tertentu memanfaatkan hak tersebut untuk merusak sistem Android OS kita. Jadi, berhati-hatilah dalam menjalankan aplikasi yang memerlukan hak akses super user.

Selamat Mencoba......


3 komentar:

Silahkan Isi Komentar Anda