Linux, GNU, Kernel & GNOME

, , No Comments

Sudah cukup lama sekali saya tidak memposting artikel mengenai Linux. Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Linux, GNU, Kernel dan GNOME secara lebih jelas tapi tidak terperinci.


Kernel
Kernel bukan sebuah sistem operasi tetapi
merupakan inti dari sistem operasi. Kernel adalah sekumpulan kode yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat rendah yang secara langsung berinteraksi dan mengontrol hardware komputer. Kernel membantu aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain, mengizinkan aplikasi untuk menggunakan CPU secara bersama dalam waktu yang sama dan mengatur penggunaan memori.

GNU
GNU adalah sebuah proyek yang di mulai oleh Richard Stallman pada tahun 1984 yang dimaksudkan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang bersifat free. Free  dalam arti setiap orang bebas untuk melihatnya, mempelajari, dan bahkan mengembangkan sistem operasi itu sendiri. Perangkat-perangkat lunak yang dibuat dalam proyek GNU ini terbagi atas GNU file management utilities dan GNU file text processing utilities. GNU file management utilities  terdiri atas perintah-perintah dasar seperti ls (untuk menampilkan informasi tentang file/dokumen), mv (untuk memindahkan direktori dan file), rm (untuk menghapus file), mkdir (untuk membuat direktori baru) dan masih banyak perintah yang lain. GNU file text processing utilities terdiri atas cat (untuk menggabungkan file),  sort (untuk mengurutkan isi file), wc (untuk menghitung jumlah baris, kata, dan ukuran dari sebuah file), dan masih banyak perintah lainnya. Banyak dari perintah GNU dibuat dalam bentuk command-line namun sejumlah dari mereka telah dikembangkan berbasiskan GUI (Graphical User Interface) seperti Gnome, KDE, GIMP, dan Gnumeric.

Linux
Linux merupakan sebuah kernel yang ditulis oleh seorang mahasiswa Unversitas Helsinki, Finlandia bernama Linus Benedict Trovalds pada tahun 1991. Kernel ini dibuat karena ketidakpuasannya atas larangan penggunaan source code UNIX di universitas tempat ia menimba ilmu yang juga terinspirasi dari Andy Tannenbaum yang sebelum nya telah menulis MINIX. Sampai saat ini, Linux Kernel telah mendukung banyak perangkat keras yang ada di dunia komputer yang dikembangkan para pengguna di seluruh dunia termasuk diantaranya dukungan terhadap sound card, mouse, keyboard, dan bahkan touch screen yang banyak diaplikasikan pada smartphone.

GNOME
Proyek GNOME di pelopori oleh Miguel de Icaza pada tahun 1997. GNOME adalah salah satu standar GUI (Graphical User Interface) yang dikembangkan untuk penggunaan sistem operasi GNU/Linux. GNOME membawa kemudahan bagi pengguna sistem operasi GNU/Linux untuk berinteraksi dengan komputer dengan menggunakan sistem window.  

Jadi, dari masing-masing penjelasan di atas, saya mendapatkan sebuah gambaran tentang tingkatan lapisan yang ada ketika kita menggunakan sistem operas GNU/Linux. Tingkatan itu saya susun atas lapisan seperti gambar di bawah ini:
Jadi, ketika kita menggunakan sebuah sistem operasi GNU/Linux, kita hanya berada pada posisi layer paling atas (end-user) yang berinteraksi langsung dengan level GUI (Graphical User Interface) yang dalam hal ini berupa GNOME. Namun, kita masih bisa menggunakan level GNU seperti yang telah ada pada penjelasan poin GNU di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda