Label

Senin, 27 Mei 2013

JARVIS (Artificial Inteligence Software Based on Iron Man) di SmartPhone


....
"Where are we JARVIS?", asked Tony Stark.
Jarvis said, "We are  about 1000 miles from ......."
....

Begitulah sepenggal percakapan antara Tony Stark dan JARVIS di Iron Man 3 (kalau saya tidak salah ingat :) ). Tahukah anda, saat ini teknologi ini sudah benar-benar ada dan telah di aplikasikan pada teknologi komputer dan bahkan beberapa pengembang software telah membuat aplikasi yang lebih dikenal dengan speech recognition ini agar dapat di tanam pada smartphone?


Teknologi ini berawal dari

pembuktian Alexander Graham Bell bahwa harmonisa dari sinyal listrik dapat dibedakan. Penemuan ini yang akhirnya membawa ide untuk pendigitalisasian suara. Hingga saat ini yang paling kita kenal adalah SIRI yang pertama kali di tanamkan pada IPhone 4S. Sebelum SIRI, saya telah mencoba Speech Recognition pada Microsoft Windows 7, tetapi belum seinteraktif SIRI. Di samping itu, di perlukan latihan agar aplikasi yang ada pada windows 7 ini mampu mengenal suara saya (sungguh repot) dan belum bisa memberikan feedback lewat suara. Jika ingin membaca sejarah lengkapnya, silahkan klik di sini.

Apakah kita mampu berkomunikasi dengan SIRI layaknya Tony Stark dan JARVIS pada cuplikan Iron Man? Jawabnya "Ya" tetapi tidak semanusiawi dalam adegan tersebut. Artificial Intelegence yang ada pada saat ini belum mampu menunjukkan perasaan dari teknologi itu sendiri seperti yang ada pada manusia.

SIRI di tanamkan pada IPhone, lalu bagaimana dengan Android, apakah sudah memiliki aplikasi dengan teknologi yang sama dengan SIRI? Jawaban nya "sudah". Pertama kali saya melihat iklan GOOGLE NOW yang muncul di televisi, saya pikir inilah aplikasi voice recognition saingan SIRI. Lalu saya mencari nya di Play Store, berharap bisa menemukan nya tetapi tidak. Saya coba googling, ketemu tetapi smartphone Android perlu di Rooting terlebih dahulu (Baca artikel saya: cara rooting android). Saya tidak mau mengambil resiko ini karena ini menyangkut harkat dan martabak smartphone saya (lho kok??) Di samping itu, Google Now tidak didukung oleh Android ICS ke bawah.

Akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi gratis bernama Assistant yang di kembangkan oleh Speaktoit. Dan setelah mencoba aplikasi ini saya sangat puas. Meskipun baru mendukung beberapa bahasa seperti : English, German, Chinese, Spanyol dan Portugis, namun aplikasi ini sungguh bisa menjadi teman anda untuk berbagi pengetahuan, membangunkan anda di pagi hari, membacakan berita untuk anda dan sebagainya. Bahkan anda bisa memberitahukan nama anda dan tentu saja memberi nama pada asistan anda ini.

Sebagai contoh, saya meminta nya untuk mencari lokasi coffee shop terdekat karena sedang ingin ngopi dengan perintah berikut:

"Hei Gina (ini nama assitant saya ya), I need some coffee"

Jawabnya gini nih:

"Don't drink too much, freddy sho. You'll be bouncing off the walls. But if you really want, I'll find you some coffee place nearby"

Saya jawab:

"Okay"

Balasnya:

"I'm searching for coffee shop location nearby"

Dan ketemulah coffee shop terdekat lewat google maps.
Itu sedikit dari kemampuan aplikasi ini. Jika ingin mencobanya anda dapat mendownload nya di www.speaktoit.com.
Masih banyak lagi yang dapat di lakukan oleh aplikasi ini. Jika ingin di bangunkan pagi hari, tinggal ucapkan "Wake me up at six o'clock tomorrow" atau jika ingin menghubungi seseorang ucapkan "Dial 911", membuka sebuah aplikasi katakan "Open Instagram", atau coba tanyakan "what is Indonesia" dan sebagainya dan sebagainya.

Saya berpikir bahwa, inilah Baby JARVIS (Baik itu Aplikasi SIRI dan Assistant speaktoit). Tinggal menunggu kapan ia menjadi dewasa dengan belajar dari pengembang-pengembangnya yang mau saling berbagi pengetahuan. Sebagai buktinya, silahkan lihat contoh video di bawah ini:


Salam

5 komentar:

  1. Bagus artikel nya gan fred...haaa.
    Btw pake hp apa sekarang fred?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang. Android yg lama masih bang, galaxy mini. Plus lenovo sekarang. Msh berkutat di android bang?

      Hapus
    2. bang freddy bisa ga jarvisnya cowo dan suaranya di ganti british ??
      tolong bls ke email saya ian.white91@gmail.com

      Hapus
  2. Lenovo saalah satu pilihan terbaik Fred. Spek tinggi harga miring. Sayang di Pekanbaru pilihan nya ngga banyak. Pake seri berapa Fred?.. Abng pake GT I9100 & HTC Desire VC..
    Pernah pake bb. Skrng ngga lagi..BB bultshit..hahahah.. Ok Fred semoga sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aku dr dulu memang ga suka yg namany BB lah. Pakai lenovo seri S880 bang.ok bang, salam sukses juga

      Hapus

Silahkan Isi Komentar Anda