Aplikasi NASA 3DV pada IOS, Pra Teknologi Hologram kah?

, , No Comments
Beberapa Bulan lalu, saya yang memang sudah lama tertarik dengan berita-berita fantastis dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) tentang program mereka mengenai deep space exploration, mencoba mencari-cari aplikasi NASA itu sendiri pada App Store untuk mendapatkan informasi terbaru. Namun tanpa sengaja saya menemukan aplikasi dengan nama NASA 3DV. 

Didalam aplikasi tersebut tersedia 3 menu utama:

  1. Model Viewer
  2. Scene Viewer
  3. Augmented Reality

Model Viewer memberikan pengalaman kepada saya untuk melihat model wahana Orion Spacecraft, Launch Tower, The Crawler dan Space Launch System secara 3D.

Scener Viewer sendiri memberikan pengalaman berada pada tiga lingkungan NASA di sekitar wahana peluncuran pesawat secara virtual. Caranya adalah dengan memanfaatkan kamera IPAD dan mengarahkan nya ke arah lokasi yang ingin saya lihat, seperti kamera interaktif.

Terakhir adalah Augmented Reality, dan ini adalah fitur yang benar-benar luar biasa menurut saya. Hanya dengan mengarahkan kamera pada penanda, kita dapat memunculkan pada layar kamera Sebuah roket lengkap dengan animasi 3D nya mulai peluncuran hingga hilang pada langit-langit rumah. Tentu saja penanda yang dimaksud di sini adalah sebuah logo NASA. Lalu saya berpikir, mungkinkah teknologi hologram yang interaktif sebentar lagi akan tercipta?

Untuk meyakinkan para pembaca, saya bagikan di sini gambar yang saya ambil ketika menggunakan fitur Augmented Reality tadi. Namun bagi yang ingin melihat demo ataupun mendownload aplikasinya secara langsung silahkan kunjungi langsung situs NASA dengan klik >> 3DV Demo.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda