Smartphone Anda Benar-benar Mendukung 4G/LTE?

, , No Comments
Ya, karena iklan smartphone saya berkata demikian. Benarkah?

Secara teknis, tidaklah sesederhana itu menyimpulkan sebuah alat komunikasi canggih ini benar-benar beroperasi pada jaringan 4G/LTE seperti yang selalu ditayangkan pada iklan-iklan di segala bentuk media. Kita perlu mengetahui 2 hal berikut:
  1. Spesifikasi teknologi jaringan smartphone
  2. Frekuensi kartu SIM yang akan kita pakai pada smartphone
Kedua hal di atas tidak dapat kita pisahkan saat ingin menikmati layanan 4G/LTE. Untuk penjelasannya perhatikan gambar dibawah yang saya capture dari situs gsmarena antara smartphone Iphone 5 dan Iphone 5S sebagai contoh dari kasus ini:


Teknologi jaringan 4G/LTE yang disediakan baik Iphone 5 maupun Iphone 5S jelas memiliki perbedaan yang signifikan. Setelah mendapatkan informasi teknis smartphone, dapatkan juga informasi perihal pada frekuensi berapa kartu SIM anda akan melayani jaringan 4G/LTE ini.

Saya beri contoh, hari minggu tanggal 31 Januari 2016
saya pergi ke salah satu pusat layanan operator komunikasi dari kartu SIM yang saya gunakan untuk menukarkan kartu lama ke kartu baru agar dapat mendukung komunikasi 4G/LTE tanpa harus mengganti nomor kartu handphone. Customer Service (CS) hanya menanyakan apakah handphone saya mendukung jaringan 4G untuk memastikan permintaan ganti kartu dapat diproses. Jika handphone saya tidak mendukung 4G, CS tidak akan mau melayani saya. Saya cukup puas dengan pelayanan mereka, tetapi si CS lupa menjelaskan satu hal.

Setelah memperoleh kartu 4G baru tersebut, saya lalu segera mengganti kartu pada smartphone, kemudian saya mengubah pengaturan jaringan pada Iphone 5 menjadi 4G dan mulai berselancar di dunia internet. Apakah saya merasakan perbedaan kecepatan internet yang signifikan? Jujur saja, saya tidak merasakan perbedaan itu sama sekali, melainkan konsumsi baterai yang semakin boros karena aktivasi jaringan 4G di smartphone saya.

Penasaran dengan ketidakpuasan tersebut, saya mencari informasi yang mungkin dapat menjelaskan penyebab hal ini dan dari data-data yang saya pelajari saya menyimpulkan bahwa, operator penyedia layanan yang saya gunakan tidak menggunakan frekuensi jaringan 4G/LTE yang sama dengan spesifikasi teknis jaringan Iphone 5 yang saya miliki. Dengan kata lain, saat ini saya hanya 'menikmati teknologi 4G/LTE dengan rasa 3G'.


Saat saya menulis artikel ini, operator layanan komunikasi tersebut masih berjalan di frekuensi LTE 900 di kota tempat saya berdomisili (Kota Medan). Sementara jika kita perhatikan dari gambar di atas, Iphone 5 dengan model GSM A1429 mendukung frekuensi LTE 850 / 1800 / 2100. Artinya, meskipun saya mengaktifkan jaringan 4G pada Iphone 5, kecepatan transfer data yang saya peroleh hanya sebatas kecepatan jaringan 3G karena si smartphone tidak menemukan frekuensi yang tepat dari layanan operator. Lalu bagaimana solusi untuk mendapatkan 'the real 4G/LTE speed'?

Memastikan kartu SIM anda berjalan pada frekuensi yang sama sesuai dengan spesifikasi jaringan smartphone adalah hal yang paling penting untuk dapat menikmati kecepatan internet 4G/LTE. Silahkan cari informasi terlebih dahulu tentang frekuensi jaringan teknologi 4G/LTE dari operator komunikasi yang hendak digunakan di kota anda. Saya sendiri, harus menunggu hingga operator layanan komunikasi yang saya pakai memindahkan frekuensi 4G/LTE mereka dari frekuensi 900 ke frekuensi yang sesuai dengan Iphone 5 yang saya miliki (LTE 850 atau 1800 atau 2100).

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda