Letak StartUp Pada GNU/Linux

, , No Comments
Setelah lama mencari informasi yang tepat tentang letak startup nya di Linux, akhirnya dapat juga. Memang jika menggunakan XWindows, untuk menambahkan aplikasi yang hendak dijalankan begitu kita masuk ke Linux cukup masuk ke menu System>Preferences>Startup Application. Tetapi karena tidak saya temukan solusi untuk menjalankan sebuah modul melalui cara yang lebih user interface tersebut (ini karena malas, he....), saya berusaha mencari solusi dengan cara yang sedikit lebih ribet. Alasannya kenapa saya butuh solusi ini karena tiap kali ingin menggunakan modem hp smart, saya harus mengetikkan perintah
sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004

Bosan juga tiap kali menyalakan komputer, harus mengetikkan perintah tersebut di terminal. Untuk menghilangkan kebosanan tersebut, saya buka terminal lalu mengetikkan perintah berikut:
sudo gedit /etc/rc.local

Kemudian saya ubah isinya menjadi seperti berikut:

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004
exit 0

atau lihat seperti gambar berikut:


Sebaris kalimat yang berisi perintah modprobe, saya tambahkan sebelum kata exit 0 seperti yang tampak pada gambar di atas. Alhasil, setiap kali saya menyalakan komputer, saya tidak perlu lagi membuka terminal untuk megetikkan perintah yang sama, karena linux secara otomatis telah membaca perintah tersebut dari /etc/local.rc setiap kali melakukan proses boot. Cara ini juga dapat digunakan untuk menjalankan perintah lain tiap kali di startup. (Mungkin bisa jadi peluang untuk merusak linux itu sendiri, ha......)

By: Freddy Santoso

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda