Dilema Foto Hitam Putih

, , No Comments

"Bawa Foto Berwarna?"
Si Peserta lalu menunjukkan 3 lembar pas foto hitam putih ukuran 3x4.
Melihat Hal itu, rekan sesama panitia rekrutmen yang saat itu duduk di sebelah saya sedikit berkomentar tentang pas foto 'hitam putih' yang di serahkan kepada saya. Saya  berpikir sederhana saja sambil mengambil foto yang diserahkan tadi, tidak masalah pas foto itu hitam putih karena hitam dan putih adalah sebuah warna.

Baiklah, cara berpikir yang membedakan antara pas foto berwarna dan
hitam putih menurut saya terjadi sejak ditemukan nya kamera yang dapat mengambil gambar berwarna. Menurut wikipedia sendiri, warna di defenisikan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Artinya bahwa putih merupakan warna sempurna dan tentu saja hitam adalah warna sebaliknya. Tetapi apa yang dikatakan wikipedia tersebut bukan lah yang menjadi dasar pemikiran saya sehingga tidak menolak pas foto yang diberikan peserta rekrutmen saat itu.

Bicara soal fisika, saya bukan lah ahlinya. Tetapi semua pasti pernah belajar mewarnai sewaktu duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Sederetan Pensil Berwarna didalam sebuah kotak, juga tentu terdapat 1 yang berwarna Hitam. Menurut teori yang pernah saya pelajari bahwa warna hitam disebabkan suatu bidang yang menyerap cahaya secara keseluruhan, sehingga tidak ada sedikit pun cahaya yang dipantulkan ke mata manusia. Sementara warna putih disebabkan sebuah bidang yang mendapatkan cahaya kemudian memantulkan seluruh warna yang ia terima ke mata manusia.

Nah, semoga ini dapat memperbaiki dilema antara pas foto hitam putih dan berwarna.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Isi Komentar Anda